DUNIA PENDIDIKAN

DUNIA PENDIDIKAN

Perubahan Data Pribadi dan Pindah UPBJJ di Universitas Terbuka

Perubahan Data Pribadi dan Pindah UPBJJ di Universitas Terbuka


Penulisan nama, tanggal lahir, dan tempat lahir pada ijazah/sertifikat dan transkrip nilai harus sesuai dengan identitas mahasiswa. Ketika mahasiswa sudah meregistrasikan datanya, mahasiswa wajib untuk memeriksa kebenaran Data Pribadi Mahasiswa (Nama, Tanggal Lahir, dan Tempat Lahir) yang tercantum antara lain di Lembar Data Pribadi (LDP), LIP-R, KTPU, dan DNU.

Bila identitas mahasiswa belum sesuai, mahasiswa harus mengajukan perubahan data pribadi mahasiswa paling lambat dua semester sebelum penetapan kelulusan kepada BAAPM dengan menggunakan Formulir Perubahan Data Pribadi Mahasiswa, agar ijazah tidak terdapat data yang berbeda atau tidak sesuai.

Penting untuk diingat, bahwa UT tidak dapat memproses perubahan data pribadi yang akan tercantum dalam ijazah bila pengajuan perubahan dilakukan setelah penetapan kelulusan. UT hanya dapat menerbitkan Surat Keterangan Ralat Ijazah. Untuk mendapatkan Surat Keterangan Ralat Ijazah, mahasiswa harus mengajukan Surat Permohonan Ralat Ijazah, karena ijazah hanya bisa diterbitkan satu kali.

Perubahan atau perbaikan data pribadi mahasiswa harus dilaporkan ke UPBJJ-UT dengan menggunakan Formulir Perubahan Data Pribadi, (downloand disini untuk Non Pendas dan disini untuk Pendas). Perubahan atau perbaikan data pribadi mahasiswa menyangkut nama dan tanggal lahir harus disertai dengan fotokopi surat bukti yang bersifat legal seperti akta kelahiran, ijazah, kartu pegawai, keputusan pengadilan, dan lain-lain.

Perubahan data pribadi mahasiswa ini juga bisa dilakukan bagi mahasiswa yang ingin pindah dari satu UPBJJ ke UPBJJ lain, seperti mahasiswa UPBJJ Layanan Luar Negeri yang kembali ke Indonesia atau dari UPBJJ Jakarta ke UPBJJ Semarang, isi data tersebut dan bisa di emailkan ke BAPM atau UPBJJ tujuan. 

Tambahan informasi, sejak tahun 2018, bagi mahasiswa yang akan mengajukan permohonan perubahan data pribadi dan pindah UPBJJ diharuskan melampirkan copy KTP beserta form yang ada di atas.

0 komentar:

Post a Comment