DUNIA PENDIDIKAN

DUNIA PENDIDIKAN

Perbedaan Skema Layanan SIPAS di Universitas Terbuka

Perbedaan Skema Layanan SIPAS di Universitas Terbuka

Pada kesempatan ini, saya akan mengulas lebih detail mengenai Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS). Pada umumnya, skema layanan di Universtas Terbuka terdiri dari SIPAS NON TTM, SIPAS SEMI, SIPAS PENUH, SIPAS PLUS, SIPAS ONLINE dan Non SIPAS. Nah banyak banget kan jenis SIPASnya, perbedaan ini memiliki fungsi dan tujuan tertentu.. jadi bingung kan.. yuk pegangan...
Secara umum, memilih layanan SIPAS berarti mahasiswa tidak perlu pusing untuk memilih mata kuliah apa yang akan diregistrasikan, karena sistem UT sudah secara otomatis menetapkan paket mata kuliah yang harus ditempuh pada semester yang sesuai dengan arahan (mata kuliah ini tersaji pada katalog kurikulum yang dapat dilihat di katalog kurikulum atau website UT). Bagi mahasiswa dengan layanan NON SIPAS, harus memilih mata kuliah yang akan diregistrasikan agar penempuhan mata kuliah lebih terarah dan bebas, sebagai tambahan, maksimal mata kuliah yang bisa diregistrasikan setiap semester adalah 24 sks, nah sekarang kita bahas perbedaannya : 
1. SIPAS NON TTM
Layanan ini merupakan jenis layanan yang sangat memungkinkan untuk mahasiswa lulusan SMA yang belum pernah kuliah dan tidak ikut kelompok belajar, tidak terikat minimal jumlah dan sangat cocok untuk mahasiswa mandiri.
Komponen layanan pada SIPAS NON TTM adalah : Orientasi Studi Mahasiwa Baru (OSMB), Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ), layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, praktik/ praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Tuton), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah (Karil), Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI).

2. SIPAS SEMI (TTM wajib maksimal 3 mata kuliah)
Layanan ini merupakan jenis layanan dengan kuota minimal 25 mahasiswa per kelas dan hanya ditawarkan untuk mahasiswa kerja sama atau mitra dengan perjanjian kerja sama atau MoU.
Komponen layanan pada SIPAS SEMI adalah :OSMB, PKBJJ, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib maksimal 3 mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI.

3. SIPAS PENUH (TTM wajib seluruh mata kuliah)
Layanan ini merupakan jenis layanan dengan kuota minimal 25 mahasiswa per kelas dan hanya ditawarkan untuk mahasiswa kerja sama atau mitra dengan perjanjian kerja sama atau MoU.
Komponen layanan pada SIPAS PENUH adalah :OSMB, PKBJJ, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/

4. SIPAS PLUS (TTM wajib seluruh mata kuliah+ Pelatihan)
Layanan ini merupakan jenis layanan dengan kuota minimal 25 mahasiswa per kelas dan hanya ditawarkan untuk mahasiswa program Beasiswa Bidik Misi atau mitra dengan perjanjian kerja sama atau MoU.
Komponen layanan pada SIPAS PLUS adalah : OSMB, PKBJJ, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI dan pelatihan pengembangan diri.
5. SIPAS ONLINE (Bahan Ajar Digital + Ujian Online)
Layanan ini merupakan jenis layanan yang sangat memungkinkan baik bagi mahasiswa lulusan SMA Sederajat, atau yang memiliki keterbatasan baik waktu dan padatnya aktivitas.
Komponen layanan pada SIPAS ONLINE adalah :OSMB, PKBJJ, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital, praktik/praktikum Online, Tuton, Ujian Online, TAP, Karil, Wisuda/UPI.

6. SIPAS mahasiswa layanan luar negeri
Layanan ini merupakan jenis layanan yang hanya diberikan kepada mahasiswa UT yang berdomisili di Luar Negeri, satuan biaya berbeda dengan mahasiswa dalam negeri dan pelaksanaan tutorial maupun ujiannya juga ada perbedaan dengan mahasiswa di Indonesia.
7. Non SIPAS
Dalam memilih mata kuliah, mahasiswa dianjurkan untuk mengacu pada paket semester dalam kurikulum (lihat kolom paket semester dan jumlah sks untuk masing-masing program studi), biaya yang dikenakan hanya persks belum termasuk bahan ajar cetak. 
Keterangan:
1) Jumlah peserta SIPAS Plus, Penuh, dan Semi minimal 25 mahasiswa per kelas.
2) SIPAS Plus hanya ditawarkan untuk mahasiswa Bidikmisi dan kerja sama.
3) SIPAS Online hanya ditawarkan untuk Program Studi S1: Manajemen, Matematika,
Pendidikan Matematika, dan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan
4) SIPAS mahasiswa layanan luar negeri belum termasuk biaya kirim BA.
5) Jenis layanan SIPAS bisa melakukan proses alih kredit dengan skema blok transfer pembebasan semester, sedangkan NON SIPAS alih kredit dibebaskan dengan banyaknya mata kuliah yang diajukan dan disetujui oleh tim penilai dari fakultas.

0 komentar:

Post a Comment