DUNIA PENDIDIKAN

DUNIA PENDIDIKAN

PROPOSAL USAHA DISTRO



Ringkasan Proyek



A.  MANAJEMEN

Nama Perusahaan
:  CV. RE-TWEET MOTION
Nama Pemilik/Pimpinan Perusahaan
:  Abdul Rohman Nurhuda
Bidang Usaha
:  DISTRO
Jumlah Karyawan/Tenaga Kerja
:  5



B.  PEMASARAN

Produk yang Dipasarkan
:  Clothing dan aksesoris
Sasaran Konsumen/Pembeli
:  Anak Muda dan BAND MUSIK
Wilayah Pemasaran
:  Jawa
Rencana Penjualan/Tahun
:  12000 pcs/ tahun
Penetapan Harga Jual
:  Rp 100.000-250.000


   Jumlah Outlet                                                               : 1 outlet


C.  KEUANGAN

Total Pembiayaan Proyek
:  Rp 200.000.000
Modal Sendiri
:  Rp 100.000.000
Pinjaman yang Diajukan
:  Rp 100.000.000
Jangka Waktu Pengembalian Pinjaman
:  5 tahun
Penjualan per-Tahun (Rp)
:  Rp 200.000.000
Keuntungan per-Tahun (Rp)
:  Rp 100.000.000
Return On Investment (ROI)
:  125 %
Break Even Point
:  1 tahun























































RANGKUMAN EKSEKUTIF
1.1.   Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perumahan Ciputra World  merupakan perumahan yang relatif baru dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date.

Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan RE-TWEET MOTION yang berdiri di kota Purworejo, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
RE-TWEET MOTION  didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia.


1.2.
Daftar Riwayat Hidup Pengelola


1.   Nama
:  Abdul Rohman Nurhuda


2.   Tempat tgl lahir

:  Malang, 14 April 1995


3.   Agama

:  Islam


4.   Alamat Rumah

:  Jl. Adi Pura, No. 790 Purworejo  – Jawa Tengah



5.   Alamat Tempat Usaha

:  Jl. Adi Pura, No. 777 Purworejo  – Jawa Tengah


6.   Pendidikan Terakhir

:  SMK


7.   Pelatihan yang telah diikuti

:  DIKLAT BISNIS DISTRO


8.   Pengalaman

:  Unit Desain Jawa Pos


9.   Keterampilan

:  Desain dan manejemen bisnis


10. Bakat/Hobi

:  Membaca


11.  Kegiatan Sosial

:  Menjadi Ketua RT

















Aspek Pemasaran


2.1.      Gambaran Umum Pasar

1.      Jenis produk yang dipasarkan adalah Kaos, Baju, Kemeja , Jeans dan Aksesoris


2.  Wilayah Pemasaran mencakup daerah Perumahan Ciputra World Kabupaten Purworejo dan Online ( mencakup seluruh Indonesia)



2.2.      Permintaan

3.2.1.  Jumlah Permintaan Terhadap Produk

A. Sasaran Pembeli (konsumen) : Anak muda dan Band Musik

B.  Jumlah Konsumen                  : 500/bulan
C.  Jumlah Kebutuhan                 : 1000 pcs/bulan
D. Total Kebutuhan per-tahun    : 12.000 pcs/ tahun



2.2.2.  Proyeksi Permintaan Selama 5 tahun Mendatang

Tahun

Proyeksi Permintaan (dalam unit)

2013
12.000

2014
13.000

2015
14.000

2016
15.000

2017
16.000



2.3.      Penawaran/Pesaing

2.3.1.  Jumlah Produk Sejenis di Pasar

Nama Distro                          Kapasitas Penjualan/tahun (unit)

1.      American Star                           10.000

2.      Korean Denim                          6.000

3.

4.

                 Total Penawaran/tahun                     16.000/tahun







2.4.      Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar

Tahun
(1)

Permintaan
(2)

Penawaran
(3)
Peluang
Pasar (4)
(2) (3)
Rencana
Penjualan
(5)
Pangsa Pasar
(6) =
(5)/(4) x 100%
2013
12.000
9.000
3.000
3.000
100%
2014
13.000
10.000
3.000
4.000
125 %
2015
14.000
10.000
4.000
5.000
125%
2016
15.000
11.000
4.000
6.000
150%








2.5.      Strategi Pemasaran Pesaing

Uraikan strategi Pemasaran yang dilakukan pesaing Anda, meliputi :

a.       Produk
Mereka mengimport produk dari Amerika. Sehingga pembeli memakai produk mereka akan memiliki kepuasan tersendiri.

b.      Harga
Kaos    : Rp 200.000 - Rp 250.000/pcs
Baju     : Rp 300.000 – Rp 400.000/pcs
Jeans    : Rp  400.000 – Rp 500.000 /pcs
Dan diskon di hari tertentu mencapai antara 10 % - 30%


c.       Jalur Penjualan

§  Langsung melalui outlet/ toko mereka
§  Online ( FB, twitter, dan web mereka masing-masing)

d.      Promosi

·         Iklan Radio
·         Iklan di Media Online

2.6.      Strategi Pemasaran Perusahaan

A.    Produk
    Saat ini pemerintah sedang menggemborkan supaya masyarakat memakai/membeli produk asli Indonesia.  Memanfaatkan momentum ini , kami memasarkan/ menjual produk asli Indonesia. Dan kami membuat rencana beberapa waktu kedepan produk kami akan menjual secara Internasional.
    Mutu , produk kami memiliki mutu yang sangat bagus. Karena kami mengkulak dari produsen yang professional dan teruji badan ISO menejemen mutu.

             
B.     Harga
    “Lokal Murah tapi Gak murahan” itulah moto kami dalam strategi harga. Kami menjual produk dengan harga murah, berbeda jauh dengan pesaing kami. Di karenakan dalam proses pengkulakan kami membeli dari produsen lokal, sehingga tidak membutuhkan biaya tranport , pajak, dan biaya importir yang mahal seperti pesaing kami.


C.     Jalur Penjualan

§  Langsung melalui outlet/ toko mereka
§  Online ( FB, twitter, dan web mereka masing-masing)

D.     Promosi

·         Iklan Radio
·         Iklan di Media Online





2.7      FOTO-FOTO PRODUK        


2.7.      Analisis Pesaing




No.


Uraian


Perusahaan

Kualitas Perusahaan Pesaing

A

B

C

1.

Harga Jual
American Star
Korean Denim


ü   

2.

Mutu Produk
American Star
Korean Denim

ü   


3.

Kemasan
American Star
Korean Denim


ü   

4.

Promosi
American Star
Korean Denim
ü   



5.

Merk
American Star
Korean Denim
ü   



6.

Pelayanan
American Star
Korean Denim
ü   





2.8.      Metode  Promosi  & Biaya Promosi

Metode Promosi                        Wilayah Sebaran                    Biaya (Rp)

1.      Pamflet dan Brosur            Perumahan ciputra & Kab. Purworejo            3.000.000

2.      Online                  Dunia                                 1.000.000

3.       

                                                                                                                                                                4.000.000
                                                                                                                                                                                  




2.9.      Penetapan Harga Jual

Tahun

Harga Jual / Unit ( Rp )

2013
 Kaos : +100.000     Aksesoris : 20.000-30.000
Baju   : +120.000
Jeans : +150.000

2014
Kaos : +110.000     Aksesoris : 20.000-30.000
Baju   : +120.000
Jeans : +160.000

2015
Kaos : +120.000     Aksesoris : 20.000-30.000
Baju   : +130.000
Jeans : +170.000





ASPEK PRODUKSI
                                                                    

PRODUK
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 4 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.

Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o   Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o   Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
o   Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.

Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o   Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o   kualitas produk terjamin
o   sesuai dengan selera masyarakat

PROSES PRODUKSI


















           Kapasitas Produksi


Tahun

Rencana Produksi (dalam unit)

2013
12.000


2014
13.000

2015
14.000

2016
15.000

           Tanah
1.  Beli                                    Rp 50.000.000

            Bangunan
1.  Beli                                    Rp 100.000.000
2.   Perawatan                         Rp 1000.000/3bulan





           Utilitas/Sarana
                    Biaya Utilitas                                                           Total Biaya (Rp)

      1. Pemasangan Instalasi Listrik                                                     1.500.000

      2. Pemasangan Instalasi Air/PAM                                                1000.000

      3.  Pemasangan Instalasi telepon                                                  1000.000
                                   
      4.  dll                                                                                             1.000.000
                       
                                                                                                             3.500.000






















NO
NAMA PRODUK
UNIT
HARGA
(RUPIAH)
JUMLAH
(RUPIAH)
1
KAOS
3000
@50.000
1.5000.000
2

JEANS
3000
@100.000
30.000.000
3

BAJU
3000
@50.000
1.5000.000
4
AKSESORIS
100
@10.000
1.000.000
JUMLAH
66.000.000
BAHAN BAKU / PEMBELIAN PRODUK DARI PRODUSEN







TENAGA KERJA


NO
NAMA
BAGIAN
GAJI TIAP BULAN
(RUPIAH)
1
JHON ALEXSANDER
PENJAGA DISTRO
2.000.000
2
SMITH
PENJAGA DISTRO
2.000.000
3
OJAN
SOPIR
1.500.000
4


TRILAKSONO
OFFICE BOY
500.000

5
AGUNG
KERJA KASAR
500.000
JUMLAH
6.500.000



BIAYA UMUM

NO
JENIS BIAYA UMUM DISTRO TIAP BULAN
TOTAL
(RUPIAH)
1
LISTRIK, AIR, ALAT KEBERSIHAN
2.000.000
2
TRANSPORT
1.000.000
JUMLAH
3.000.000




ASPEK KUANGAN


A. Pembiayaan

1. Biaya Proyek
a. Investasi Rp 150.000.000
b. Modal kerja Rp 50.000.000
Total Biaya Proyek Rp 200.000.000

2. Sumber Dana
a. Modal sendiri Rp 100.000.000
b. Kredit Rp 100.000.000
Total Biaya Usaha Rp 200.000.00

B. Proyeksi Rugi / Laba
Keuntungan 3 tahun mendatang direncanakan
Tahun 1 : Rp 100.000.000
Tahun 2 : Rp 150.000.000
Tahun 3 : Rp 175.000.000

C. Proyeksi Arus Kas

Perhitungan saldo kas selama 3 tahun mendatang pra operasi atau pengembangan Rp 300.000.000
Tahun 1 Rp 50.000.000
Tahun 2 Rp 100.000.000
Tahun 3 Rp 150.000.000











LAMPIRAN :
1.      Surat Tanda Daftar Usaha Perdagangan
2.      Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)



DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA
KANTOR DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
KABUPATEN/KOTA PURWOREJO
TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)
NOMOR : 354.313.099.222
1.      Nama Perusahaan                                            CV RE-TWEET MOTION
2.      Merek (milik sendiri/lisensi)                            RE-TWEET
3.      Alamat Kantor Perusahaan                             Jln Adi Pura no 777 Purworejo Jawa Tengah
4.      Nama Pemilik/ penanggung Jawab                 Abdul Rohman Nurhuda
5.      Alamat Pemilik/ Penanggung Jawab               Jln Adi Pura no 790 Purworejo Jawa Tengah
6.      Nomor Pokok wajib pajak (NPWP)                25.773.472.3-604.000
7.      Bidang Usaha ; Barang/ Jasa                          :  Barang
8.      Nilai Investasi Perusahaan Seluruhnya           : Rp 200.000.000,00
9.      Jenis Kegiatan usaha                                       :  Perdagangan
10.  Jenis barang/ jasa dagangan Utama                :  Pakaian
TDUP ini diterbitkan dengan ketentuan :
Pertama
:
Tanda daftar Usaha Perdagangan (TDUP) ini berlaku untuk melakukan kegiatan Usaha Perdagangan.
Kedua
:
pemilik/ Penanggung Jawab wajib menyampaikan laporan kegiatan usaha perdagangan setiap tahun sekali.
Ketiga
:
Tidak berlaku untuk kegiatan Perdagangan Berjangka komoditi,    kecuali telah memenuhi ketentuan. Persyaratan yang ditetapkan untuk melakukan kegiatan perdagangan berjangka komiditi ketentuan  perundang-undangan yang berlaku
Dikeluarkan di                        :  Purworejo
Pada Tanggal              : 12 Januari 2013
Ka .  Kandep Perindustrian dan Perdagangan
Tembusan                    :
  1. Menteri Perindustrian dan Perdagangan U.P. sekretaris Jenderal
  2. Inspektur jenderal depperindag
  3. Dirjen Perdagangan dalam Negeri depperindag
  4. Ka. Pusdatin depperindag
  5. Ka. Kanwil depperindag
  6. Pertinggal











0 komentar:

Post a Comment